081-285804316

ARTIKEL

infeksi kandung kemih

Tanya Dokter    Call Us

Apa Itu Infeksi Kandung Kemih
Infeksi kandung kemih (sistitis) disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam kandung kemih. Pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, ragi juga bisa menyebabkan infeksi kandung kemih, infeksi kandung kemih adalah jenis infeksi saluran kencing (ISK).

[klik disini mendapat jawaban dokter]

Sebagian besar kasus infeksi kandung kemih akut, artinya terjadi secara tiba-tiba. Kasus lain mungkin kronis, yang berarti mereka terulang dalam jangka panjang. Pengobatan dini adalah kunci untuk mencegah penyebaran infeksi.

Penyebab Terjadinya Infeksi Kandung Kemih

Bakteri yang masuk melalui uretra dan masuk ke kandung kemih menyebabkan infeksi kandung kemih. Biasanya, tubuh dapat menghilangkan bakteri dengan membuangnya saat buang air kecil. Akan tetapi bakteri terkadang bisa menempel pada dinding kandung kemih dan berkembang biak dengan cepat.

Bagimana Gejala Infeksi Kandung Kemih?

Tanda gejala terjadinya infeksi kandung kemih pada seseorang bervariasi, tergantung pada tingkat keparahannya. Anda akan segera melihat perubahan saat buang air kecil.

Beberapa gejala yang paling umum termasuk:
•    Nyeri atau terbakar saat buang air kecil
•    Berawan atau mendidih
•    Kencing lebih sering dari biasanya, yang disebut frekuensi
•    Urin berbau busuk
•    Sensasi yang sering terjadi karena buang air kecil, yang disebut urgensi
•    Kram atau tekanan di perut bagian bawah atau punggung bagian bawah

Saat infeksi kandung kemih menyebar, mereka juga bisa menyebabkan sakit punggung. Rasa sakit ini berhubungan dengan infeksi pada ginjal. Tidak seperti nyeri punggung otot, rasa sakit ini akan terus-menerus terlepas dari posisi atau aktivitas Anda. Infeksi ginjal sering menyebabkan demam, menggigil, mual, dan muntah. Anda biasanya akan merasa sangat sakit.

[klik disini konsultasi dokter]

Apa Saja Bahaya Dari Infeksi Saluran Kemih?

1.    Gangguan pada ginjal, pada saat seseorang mengalami infeksi pada kandung kemih, bakteri akan dapat naik dan masuk hingga ke ginjal. Seseorang tersebut akan berisiko terkena infeksi ginjal (pyelonephritis) dengan gejala-gejala yang berupa nyeri pada punggung, mual, demam hingga menggigil. Jika infeksi ginjal yang tidak segera ditangani dapat mengarah pada kerusakan permanen pada organ tersebut.

2.    Sepsis, Komplikasi ini dapat terjadi ketika infeksi menyebar dalam aliran darah. Sepsis termasuk dalam kondisi mematikan.

3.    Penyempitan uretra, dapat terjadi pada pria

 
Mengalami Infeksi Kandung Kemih?
[klik disini konsultasi dokter]

Cara Pengobatan Infeksi Kandung Kemih

Jika terkena infeksi kandung kemih Anda harus segera memeriksakan diri pada dokter yang memang sudah ahli dalam bidangnya, serta harus memilih tempat yang tepat agar penyakit ISK segera ditangani dengan tepat agar tidak menimbulkan berbagai komplikasi.

Klinik Apollo merupakan spesialis penyakit kulit dan kelamin, sudah banyak sukses dalam mengobati infeksi kandung kemih, dengan memiliki dokter yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya serta memiliki alat medis yang canggih, modern dan lengkap sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien dengan efek pengobatan yang memuaskan serta proses penyembuhan cepat.


Untuk informasi lebih lanjut silahkan Klik konsultasi online atau hubungi hotline kami di nomor 081285804316 atau 0812-8580-4316, ahli professional untuk anda.

Ada Pertanyaan Lain

Konsultasi Dokter

Kondisi Darurat

081-285804316

PENYAKIT

PENYAKIT

KONTAK

Jl. P.Jayakarta Komplek Ruko 115 C1-3 Jakarta Pusat 10730

0812-8580-4316

Tanya Dokter
Call Us
Daftar