081-285804316

ARTIKEL

Infeksi saluran kemih bagaimana caranya?

Tanya Dokter    Call Us

Fakta Mengenai Infeksi Saluran Kemih
Infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi di bagian manapun dari saluran kemih. ISK adalah masalah kesehatan yang umum yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahun nya. Wanita sangat rentan terhadap ISK. ISK dapat memengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih yang menyebabkan:

 
· Uretritis. Ini adalah infeksi uretra yaitu tabung berongga yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh.
· Sistitis. Ini adalah infeksi di kandung kemih dari kuman yang telah pindah dari uretra.
· Pielonefritis. Infeksi ginjal ini paling sering merupakan akibat dari infeksi yang menyebar ke saluran kemih atau dari penyumbatan di saluran kemih. Penyumbatan menyebabkan urine kembali ke ureter dan ke ginjal.
· Abses. Kumpulan nanah di sepanjang saluran kemih dan disebut abses.Infeksi saluran kemih bagaimana caranya?>>> [Klik Untuk Konsultasi Dokter Online Gratis Disini] <<<
 
Apa Yang Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih?
Urine normal adalah steril dan mengandung cairan, garam dan produk kotoran. Tidak mengandung bakteri, virus atau jamur. ISK terjadi ketika kuman atau paling sering bakteri dari saluran pencernaan masuk ke lubang uretra dan mulai berkembang biak. Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri E. coli yang biasanya hidup di usus besar. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah masalah kesehatan umum yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahun nya. Infeksi ini dapat mempengaruhi setiap bagian dari saluran kemih. Sebagian besar ISK disebabkan oleh bakteri E. coli yang biasanya hidup di usus besar.
 
Gejala ISK yang paling umum termasuk perubahan buang air kecil (BAK) seperti frekuensi, nyeri atau rasa terbakar, urine terlihat gelap, urine keruh atau urine berwarna merah dan urine berbau tidak sedap, sakit punggung atau mual, muntah dan demam. Pengobatan antibiotik digunakan untuk mengobati ISK. Pengobatan lain mungkin termasuk pengobatan penghilang rasa sakit dan minum banyak air untuk membantu membersihkan bakteri dari saluran kemih. Hal-hal lain yang dapat dilakukan dapat membantu mengurangi kemungkinan berkembangnya ISK.
 
Ketahui Apa Saja Gejala Dari ISK?
Ini adalah gejala infeksi saluran kemih yang paling umum:
 
· Sering buang air kecil (BAK).
· Terasa nyeri atau terasa terbakar saat buang air kecil (BAK).
· Demam.
· Urine terlihat gelap, urine keruh atau urine berwarna kemerahan (mungkin ada darah dalam urine).
· Urine berbau tidak sedap.
· Merasa sakit bahkan saat tidak buang air kecil (BAK).
· Kelelahan.
· Nyeri di punggung atau nyeri di bagian bawah tulang rusuk.
· Mual dan muntah.
· Meskipun keinginan kuat untuk buang air kecil (BAK), namun hanya sedikit urine yang keluar.
· Wanita mungkin merasakan tekanan yang tidak nyaman di atas tulang kemaluannya.

 
Gejala ISK mungkin terlihat seperti kondisi lain atau masalah medis. Selalu konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis.
 
Bagaimana Cara Mendiagnosis Kondisi Ini?
Tes lain mungkin termasuk urinalisis. Tes laboratorium urine dilakukan untuk memeriksa berbagai sel dan berbagai bahan kimia, seperti sel darah merah dan sel darah putih, kuman (seperti bakteri) atau banyak protein. Jika ISK menjadi masalah berulang (kekambuhan), tes lain dapat digunakan untuk melihat apakah saluran kemih normal. Tes ini mungkin termasuk:
 
· Pielogram intravena (IVP). Ini adalah serangkaian sinar-X ginjal, ureter (2 tabung yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih) dan kandung kemih. Ini menggunakan pewarna kontras yang disuntikkan ke pembuluh darah. Ini dapat digunakan untuk menemukan tumor, kelainan struktural, batu ginjal atau penyumbatan. Ini juga memeriksa aliran darah di ginjal.
· Sistoskopi. Dalam tes ini, tabung tipis fleksibel dan alat penglihatan dimasukkan melalui uretra untuk memeriksa kandung kemih dan bagian lain dari saluran kemih. Perubahan struktural atau penyumbatan, seperti tumor atau batu dapat ditemukan.
· USG ginjal dan USG kandung kemih. Tes ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar kandung kemih dan gambar ginjal di layar komputer. Tes ini digunakan untuk menentukan ukuran dan bentuk kandung kemih dan ginjal dan memeriksa massa, batu ginjal, kista atau penyumbatan atau kelainan lainnya.

 
Inilah Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih
Dokter akan merekomendasikan pengobatan terbaik berdasarkan:
 
· Usia penderitanya.
· Riwayat kesehatan dan riwayat medis secara keseluruhan.
· Tingkat keparahan penyakitnya.
· Pendapat atau preferensi mengenai pengobatan.
 
Pengobatan untuk ISK mungkin termasuk:
 
· Pengobatan antibiotik.
· Pengobatan lain untuk mengurangi rasa sakit.
· (Seperti bantal pemanas) untuk mengurangi rasa sakit.
 
Anda mungkin juga perlu melakukan perubahan gaya hidup. Langkah-langkah ini dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena ISK:
 
· Minum banyak air untuk membantu membersihkan bakteri dari saluran kemih.
· Menghindari kopi, alkohol dan makanan pedas.
· Berhenti merokok.
· Minum banyak air setiap hari.
· Buang air kecil (BAK) saat Anda merasa perlu. Jangan menunggu.
· Bagi wanita, cara membersihkan area genital dengan melakukan usap dari area depan ke area belakang untuk mencegah bakteri di sekitar anus masuk ke dalam vagina atau ke uretra.
· Mandi air hangat dengan bak mandi.
· Bersihkan area genital sebelum dan sesudah berhubungan seksual dan buang air kecil (BAK) sesaat setelah berhubungan seksual.
· Wanita tidak boleh menggunakan spray kebersihan feminin atau douche beraroma.
· Pakaian dalam katun dan pakaian longgar membantu menjaga area di sekitar uretra tetap kering. Pakaian ketat dan celana dalam berbahan nilon dapat menjebak kelembapan. Ini dapat membantu bakteri tumbuh.
· Kekambuhan dari infeksi saluran kemih dapat diobati dengan dosis kecil pengobatan antibiotik biasa.

Infeksi saluran kemih bagaimana caranya?>>> [Klik Untuk Konsultasi Dokter Online Gratis Disini] <<<
 
Segera konsultasikan di Klinik Apollo
Melakukan pemeriksaan di Klinik Apollo akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staff medis yang handal dibidangnya. Selain itu biaya pengobatan yang sangat terjangkau. Lokasi klinik yang sangat strategis yang berada di Jakarta, Indonesia. Klinik Apollo sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan memprioritaskan pasiennya dalam setiap pengobatan dan pelayanannya. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di nomor 0815-1466-6512. Dan jika mempunyai pertanyaan lainnya seputar penyakit kelamin, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi medis online secara gratis. 

Ada Pertanyaan Lain

Konsultasi Dokter

Kondisi Darurat

081-285804316

PENYAKIT

PENYAKIT

KONTAK

Jl. P.Jayakarta Komplek Ruko 115 C1-3 Jakarta Pusat 10730

0812-8580-4316

Call Us
Tanya Dokter
Daftar