081-285804316

ARTIKEL

Cara Mengatasi Benjolan Kelamin Wanita

Tanya Dokter    Call Us


 Cara Mengatasi Benjolan Kelamin Wanita
 
Apa Itu Benjolan Kelamin Wanita?
Benjolan kelamin wanita atau kutil kelamin adalah pertumbuhan berwarna daging atau berwarna abu-abu yang ditemukan di area genital dan area anus baik pada pria maupun pada wanita. Ketahui cara mengatasi benjolan kelamin wanita dengan benar. Kutil kelamin terkadang disebut sebagai kondiloma akuminata. Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual (PMS) paling umum yang disebabkan oleh virus. Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Kutil kelamin mempengaruhi pria dan mempengaruhi wanita dan dapat terjadi pada usia berapa pun.
 
 
Pada kebanyakan penderita kutil kelamin berusia antara 17 tahun hingga 33 tahun. Kutil kelamin sangat menular. Ada risiko tinggi terkena infeksi dari 1 kontak seksual dengan seseorang yang memiliki kutil kelamin. Pada anak-anak di bawah usia 3 tahun, kutil kelamin dianggap ditularkan melalui metode non seksual seperti kontak langsung. Namun demikian, keberadaan kutil kelamin pada anak-anak diduga kecurigaan pelecehan seksual. Sebagian orang dengan kutil kelamin akan memiliki penyakit menular seksual (PMS) lainnya.
 
Apa Penyebab Benjolan Kelamin?
Benjolan kelamin atau kutil kelamin disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Lebih dari 100 jenis HPV telah diidentifikasi dan sekitar 40 jenis ini berpotensi menginfeksi area genital. Sebagian besar kutil kelamin disebabkan oleh 2 jenis virus tertentu (HPV-6 dan HPV-11) dan jenis HPV ini dianggap berisiko rendah yang berarti memiliki potensi penyebab kanker yang rendah. Jenis HPV lainnya diketahui menyebabkan perubahan prakanker dan kanker serviks pada wanita. HPV-16 salah 1 jenis berisiko tinggi, bertanggung jawab terhadap kanker serviks.
 
Jenis HPV risiko tinggi juga disebut sebagai jenis HPV onkogenik. HPV diyakini menyebabkan kasus kanker serviks. Kutil umum tidak sama dengan kutil kelamin dan disebabkan oleh berbagai jenis HPV yang dapat menginfeksi kulit. Partikel virus mampu menembus kulit dan permukaan mukosa melalui luka mikroskopis di area genital yang terjadi selama aktifitas seksual.
Cara Mengatasi Benjolan Kelamin Wanita?>>> [Klik Untuk Konsultasi Dokter Online Gratis Disini] <<< 
Setelah sel diserang oleh HPV, periode laten (tenang) dari bulan hingga tahun dapat terjadi di mana tidak ada bukti infeksi. Umumnya, sebagian orang yang melakukan kontak seksual dengan pasangan yang memiliki kutil kelamin dapat mengembangkannya dalam waktu 3 bulan. Kutil kelamin secara tidak langsung berhubungan dengan penggunaan pil KB karena peningkatan kontak seksual tanpa menggunakan pelindung penghalang, berganti-ganti pasangan dan berhubungan seksual di usia dini.

 
Kenali Gejala Lain Dari Benjolan Kelamin Wanita
Meskipun kutil kelamin tidak menimbulkan rasa sakit, kemungkinan dapat mengganggu karena area nya, ukurannya atau karena gatal. Pria dan wanita dengan kutil kelamin akan sering mengeluhkan benjolan yang tidak nyeri, gatal dan keluar cairan. Perdarahan atau obstruksi urine kemungkinan menjadi masalah awal ketika kutil melibatkan pembukaan uretra (lubang di mana urine keluar dari tubuh). Kutil muncul lebih dari 1 area dan sering terjadi. Kemungkinan  ada riwayat penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya atau bersamaan.
 
Pada pria, kutil kelamin dapat menginfeksi uretra, penis, skrotum dan area dubur. Kutil dapat muncul secara lunak yang menonjol dengan permukaan yang halus (di batang penis) atau kasar dengan banyak tonjolan seperti jari (kutil dubur). Yang lain kemungkinan tampak seperti mutiara, seperti kembang kol atau kasar dengan permukaan yang agak gelap. Sebagian besar luka menonjol, tetapi beberapa kemungkinan datar di atas permukaan kulit. Terkadang luka dapat disembunyikan oleh rambut atau di bagian dalam kulup yang tidak disunat pada pria.
Cara Mengatasi Benjolan Kelamin Wanita?>>> [Klik Untuk Konsultasi Dokter Online Gratis Disini] <<<
 
Pada wanita, kutil kelamin memiliki penampilan yang mirip dan biasanya terjadi di area lembab labia minora dan lubang vagina. Luka yang terlihat pada alat kelamin bagian luar memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh pada saluran vagina, leher rahim dan area anorektal. Pada kebanyakan kutil vagina terjadi tanpa gejala. Jarang sekali pada wanita mengalami pendarahan setelah berhubungan seksual, gatal atau keputihan.
 

Pria yang memiliki keluhan seperti buah zakar besar sebelah sering kali identik dengan adanya peradangan andrologi yang disebut dengan orkitis (peradangan testis). Penyakit orkitis ini bisa dialami pada salah satu ataupun kedua buah zakar yang ditandai dengan pembengkakan dan juga beberapa gejala peradangan lainnya.
 
Apakah Ada Tes Untuk Mendiagnosis Benjolan Kelamin Wanita?
Diagnosis sering didasarkan pada riwayat kutil kelamin dan penampilan kutil kelamin. Terkadang, luka hanya terlihat dengan teknik peningkatan yang disebut acetowhitening. Area yang terinfeksi akan berubah menjadi berwarna putih. Pembesaran area (kolposkopi) menggunakan teropong yang diperlukan untuk melihat luka.
 
Pada wanita, kolposkop dapat digunakan untuk mencari luka di saluran vagina dan di saluran leher rahim. Pap smear secara rutin harus selalu dilakukan untuk mencari bukti adanya infeksi HPV dan sel abnormal (tidak normal) pada serviks. Biopsi dapat dilakukan jika luka tampak tidak biasa atau muncul kembali setelah mengetahui cara mengatasi benjolan kelamin wanita dengan tepat. Tes laboratorium khusus juga dapat digunakan untuk memastikan adanya infeksi HPV.
 
 
 
Bagaimana Cara Mengatasi Benjolan Kelamin Wanita?
Tidak ada pengobatan tunggal yang efektif untuk kutil kelamin. Sejumlah pilihan cara mengatasi benjolan kelamin wanita tersedia. Namun, tidak ada pengobatan yang efektif dalam menghilangkan kutil dan mencegah kekambuhan pada semua penderitanya. Juga tidak bisa untuk menghilangkan infeksi human papilloma virus (HPV) setelah terjadi. Berikut beberapa pengobatan untuk kutil kelamin, diantaranya:  
· Cryotherapy
Teknik ini dapat membekukan kutil dengan menggunakan Cryoprobe.
· Perawatan laser
Pengobatan ini digunakan untuk kutil kelamin yang luas atau kekambuhan. Ini kemungkinan memerlukan anestesi lokal, anestesi regional atau anestesi umum. Laser secara fisik dapat menghancurkan luka yang diinduksi HPV. Kerugiannya termasuk biaya tinggi, peningkatan waktu penyembuhan, jaringan parut dan partikel virus yang berpotensi menular di udara yang disebabkan oleh laser.
· Elektrodesikasi
Teknik ini menggunakan arus listrik untuk menghancurkan kutil. Ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal.
 
Segera konsultasikan di Klinik Sentosa
Melakukan pemeriksaan di Klinik Sentosa akan ditangani secara langsung oleh dokter ahli dan staff medis yang handal dibidangnya. Selain itu biaya pengobatan yang sangat terjangkau. Lokasi klinik yang sangat strategis yang berada di Jakarta, Indonesia. Klinik Apollo sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan memprioritaskan pasiennya dalam setiap pengobatan dan pelayanannya. Dan jika mempunyai pertanyaan lainnya seputar penyakit kelamin, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi medis online secara gratis.
  •  

Ada Pertanyaan Lain

Konsultasi Dokter

Kondisi Darurat

081-285804316

PENYAKIT

PENYAKIT

KONTAK

Jl. P.Jayakarta Komplek Ruko 115 C1-3 Jakarta Pusat 10730

0812-8580-4316

Call Us
Tanya Dokter
Daftar